Inilah Cara Agar Kaki Tidak Cepat Bau 

Inilah Cara Agar Kaki Tidak Cepat Bau 

Metroterkini.com - Cuaca panas membuat tubuh terasa gerah. Produksi keringat meningkat, sehingga bakteri pun lebih mudah berkembang biak. Akibatnya adalah bau tak sedap.

Selain lipatan kulit seperti ketiak, bagian tubuh yang kerap tertutup seperti kaki juga kerap menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab bau.

Bagaimana cara mencegah kaki bau saat cuaca gerah? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Pakai Alas Kaki Menyerap Keringat
Alas kaki dengan bahan seperti kulit tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Karena itu sebaiknya dihindari saat cuaca panas.

Pakai Kaus Kaki
Pemakaian kaus kaki bisa membantu mengurangi bau tak sedap saat cuaca panas, karena keringat diserap serat kaus kaki. Gunakan kaus kaki jika Anda terpaksa memakai alas kaki dengan bahan yang tak menyerap keringat.

Semprotkan Foot Spray
Foot spray adalah sejenis deodoran untuk kaki. Tinggal semprotkan pada lipatan kaki dan Anda akan terbebas dari bau.

Taburi Foot Powder
Selain foot spray, Anda juga bisa memanfaatkan taburan foot powder, bedak khusus kaki untuk mencegah bau. Produk seperti ini biasanya juga ditambahkan bahan yang bersifat antimikroba.

Pakai Larutan Minyak Esensial
Gunakan air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial untuk merendam kaki. Pilih minyak esensial yang memiliki khasiat antimikroba seperti tea tree oil, lemon oil, atau bergamot oil.

Rendam Kaki dalam Air Seduhan Teh Hijau
Teh hijau juga memiliki efek antibakteri. Jadi Anda bisa memanfaatkan air seduhannya sebagai rendaman kaki.

Olesi Deodoran
Jika tak ada foot spray, Anda juga bisa memanfaatkan deodoran. Oleskan secukupnya pada lipatan kaki yang paling rawan berkeringat. Namun produk seperti ini juga bisa membuat kulit kaki kering.

Pakai Alas Kaki Terbuka
Jika memungkinkan, pilih alas kaki yang terbuka saat cuaca panas. Misalnya strap sandals atau sepatu yang dilengkapi lubang-lubang kecil di bagian solnya.

Itulah tips-tips yang bisa dicoba untuk menghindarkan kaki dari bau tak sedap di saat cuaca panas. [mer]

Berita Lainnya

Index